RANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI LAUNDRYTIME MENGGUNAKAN METODE UCD

Authors

  • Liontadinda Ayu Amizhora Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma, Indonesia
  • Tata Sutabri Prodi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bina Darma, Indonesia

Keywords:

UI/UX, Canva, UCD.

Abstract

UI (User Interface) is the process of displaying a result in the form of a display that can be seen by the user. Meanwhile, UX (User Experience) is the process of displaying a result in the form of a display that can be seen by the user. Because both are very important, starting from UX which determines that the application can be run comfortably, and UI plays a role in deciding the appearance to make it more attractive. This article describes an application called laundrytime that can make it easier for users to pick up and order laundry through the application. By using the UCD method we can find out what users want exactly. This UCD method has four stages, namely Understand Context of Use, Specify User Requirements, Design Solutions and Evaluation Againts Requirements which get the final result, namely the prototype.

References

Ermawati, Erni , Tri wahyuni, Indriyanti, Nurul Ichsan, dan Haerul Fatah. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Inventory Dengan Qrcode Berbasis Website Pada Rsi Assyifa Sukabumi.

Nuha Arifin , Ikrima, Herman Tolle, dan Retno Indah Rokhmawati. (2019). Evaluasi Dan Perancangan User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design Dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Ezyschool.

Utan Sufandi , Unggul, Dwi Astute Aprijani, dan Paken Pandiangan. (2021). Evaluasi Dan Hasil Review Desain User Interface Prototype Aplikasi Mobile Sitta Universitas Terbuka

Budi Utomo ,Rahmad. (2019). Aplikasi Pembelajaran Manasik Haji Dan Umroh Berbasis Multimedia Dengan Metode User Centered Design (UCD)

Ar razi ,Aria, intan risky mutiaz, dan pindi Setiawan. (2018). Penerapan metode design thingking pada model perancangan ui/ux aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer

kurdiansyah ,Agus, dan dedy syamsuar, eka puji agustini. (2022). Perancangan Prototype Aplikasi Si Lele Dengan Pendekatan UCD

Rasyid Shadiq, Muhammad, Beni Susanto, Irving V, dan Paputungan. (2020). Desain Aplikasi Pemesanan Event Organizer “Evoria” Dengan Pendekatan User-Centered Design

Mayadi, Rakhmi Khalida, dan Siti Setiawati. (2020). Meningkatkan Service Quality Usaha Laundry Menggunakan Throw-Away Prototyping

Tata sutabri, Yudhazaldi Nuki Putrasadi, Yohanes Bowo Widodo. (2020). Perancangan Aplikasi Posyandu Digital Berbasis Android

Intan Sandra Yatana Saputri, Mardhiah Fadhli, Ibnu Surya. (2017) Penerapan Metode UCD(User Centered Design) pada E-Commerce Putri Intan Shop Berbasis Web

Rizky Alparez Rati, Octri Cesar Muda, Sasta Lois Pernando. (2021) Analisis dan Desain Penerapan Location Based Service (LBS) dan Geographic Information System (GIS) pada Aplikasi Pemesanan Jasa Laundry

Sarah Aulia, Yuda Syahidin. (2023) Perancangan UI/UX dengan Metode Design Thingking pada Shoekuna Shoe Laundry Berbasis Mobile

Ariel Matitaputty, Leonardi Paris Hasugian. (2022) Sistem Informasi Layanan Jasa Laundry pada Rumah Cuci Kirei Bandung

Yunita, Siti Lailatul Fitriana, Hilda Amalia. (2022) Rancang Bangun Pelayanan Jasa Laundry pada Saidi Laundry Berbasis Mobile

Khairunnisak Nur Isnaini, Dina Fajar Sulistiyani, Zezya Ramadhany Kharisma Putri. (2021) Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva

Downloads

Published

2023-05-01

Issue

Section

Articles